12 Maret 2015

bumi manusia, auwh!



pram. ketika menyebut nama pendek tersebut sebagai bahan obrolan, yang terdengar pasti "waaw" "sadiss!" "parah parah!" jika nama tersebut dibawa ke jenjang teman sebaya, atau paling tidak, segenerasi.

gw sendiri mengenal pram pertama kali dari temen baik gw sedari masih baru belajar bernapas, ratih amandhita, yang selalu bikin gw iri karena kamarnya selalu penuh buku. kayaknya buku" dia ga akan pernah ada habisnya. waktu itu mungkin gw masih smp. atau sd? pokoknya masih kecil. seperti biasa, gw ngubek" kamar dia, buat minjem buku. saat tangan menyentuh buku berjudul "gadis pantai," karya penulis yang sama, ratih berkomentar "sumpah ya, sebagus-bagusnya buku, ini buku paaalingg baguuus yang pernah gw baca. baguss bangett!" dan karena sekilas isinya terlalu 'tua' dan 'serius,' buku itu gw tinggalkan. ga jadi gw pinjem.

selanjutnya gw kenal pram dari, ahem, mantan pacar gw #cihaauuyyy! manusia pertama yang berpengaruh terhadap ke-hipster-an gw ini pertama kali membahas karya pram sekilas waktu dia ngajak gw nonton beberapa film absurd karya anak" IKJ di kineforum. salah satu filmnya berjudul, rumah kaca. "jadii.. rumah kaca itu salah satu bukunya pram. gw pengen nonton soalnya ini filem terinspirasi oleh buku itu!" dan hasilnya, baik gw maupun dia, ga ada yang ngerti, itu film" yang kita tonton sebenernya apa. keluar lah kami setelah tiga film pendek diputar.

nyatanya baru di usia 23 ini gw benar" mencari pram. dan di semua toko buku yang gw kunjungi, bukunya udah ga ada. habis eksemplar. cuma ada versi bahasa inggris, yang tentunya ga akan senikmat versi aslinya, dan harganya ga kuku! singkat cerita gw nemu tetralogi pulau buru, empat"nya, di semacam 'kwitang'-nya jogja, pas gw jalan" sama keluarga gw. bajakan sih, tapi kan pak pram sdh meninggal, jadi gw rasa ga ada salahnya beli bajakan, hehe #ampun!

sebenernya cerita yang ditawarkan ga jauh" dari roman percintaan dua orang manusia. yang bikin beda adalah latarnya. dibuat di awal abad 19, indonesia pun belum ada namanya, bahasa sehari-hari masih bercampur antara belanda, melayu, jawa, bahkan perancis dan tionghoa. tokoh utamanya, mingke, pribumi, keturunan raja-raja jawa. jatuh cinta kepada annelies, anak dari seorang belanda totok dan perempuan kepunyaannya, nyai ontosoroh. bukan, bukan istrinya, tapi 'perempuan kepunyaan.' nyai ontosoroh 'dibeli' oleh tuan mellema, dan kemudian si nyai ini, dengan berbekal semangat dan otodidak, bisa menjadi seorang perempuan mandiri luar biasa dan bersahaja, yang masih jua menyimpan luka #hasek

perasaan sepanjang baca: GOBLOK BANGET SIH LO ANN JADI CEWEK! OI! LEMAH KALI, OI! rasanya si annelies super cantik bak bidadari turun dari sorga ini kok ya bodoh sekali. ga bisa ngapa"in. manja. lemah. eugh! gerak oi!!!! namun salah siapa. dia sudah harus dewasa sejak kecil. nyai ontosoroh mungkin juga ga punya waktu banyak untuk mendidik annelies (ahem, dan robert mellema) untuk menjadi ksatria. ah, sehebat-hebatnya nyai ontosoroh dikata orang, tetap saja, sebagai ibu, kok ya anak"nya begitu. di situ kadang saya sedih.

flow dari tulisan pram ini cukup lambat. hanya beberapa titik yang darah rasanya mengalir deras dan membuat tidak ingin meletakkan bacaan. sisanya, yah, gw rasa beberapa bagian manja"an unyu" ala annelies dan segala puja puji buat juffrouw unyu satu ini bisa dipotong. idenya keren, bagaimana seorang muda, pribumi, seorang minke, walau sudah berpendidikan setara non-pribumi, tetap saja harus mendapat perlakuan pribumi. ga bisa ngapa"in. ga punya kekuatan hukum. dan akhirnya, ternyata si annelies ini bisa bikin gw kagum juga. kalau beliau nongol lagi di buku" selanjutnya, mudah"an hatinya semakin dikuatkan dan mudah"an dia agak sedikit lebih pinter.

yang gw suka, beliau benar" merekam masa. mengabadikan jaman. ahsek. ya begitulah, you know what i mean. heheh.

buku selanjutnya sudah menanti untuk dilahap. aaakkk. cepat cepat lah datang stage. jarak 45 menit dari rumah ke kantor akan lebih dari cukup buat gw menghabiskan buku" yang gw beli di indonesia dan timbun di sini! yuhu!

2 komentar:

  1. ini mantan pacar lu maksudnya si Ikhsan Saumantri gep?? wkwkwk

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC