23 Maret 2016

YSEALI Generation: Oceans - Perspektif Baru untuk Saya yang Tidak Begitu Baru #lol

jadi, 16-20 maret lalu gw baru ikutan sesuatu yang berjudul YSEALI Generation: Oceans. thanks to dias dan trisna, gw jadi tau dan bisa ikutan acara ini, wuhu!

apa itu YSEALI?

YSEALI adalah singkatan dari Young South East Asia Leaders Initiatives. diinisiasi oleh presiden obama, ceritanya geng ini adalah berisi anak" mudah ASEAN umur 18-25 tahun. not just anak muda, mereka anak" muda yang super cool dan potential dengan caranya masing". ada yang baru 22 tahun udah jalan doktor, ada yang kerja di instansi pemerintahan yang super penting, ada juga yang ternyata pernah ikutan semacam beauty pageant di negaranya! :'') dan yap ada juga yang currently lagi kuliah di daerah yang bukan southeast asia.

YSEALI ini terhitung baru. nah, tahun lalu mereka bikin acara judulnya Generation: EARTH. kalo sekarang, OCEANS! mungkin tahun depan waktunya wind and fire lol.

acara ini agak di luar ekspektasi gue karena... seru banget!

untuk pertama kalinya gue ikutan acara beginian, lebih lagi, bukan sebagai peserta: sebagai mentor!

kelompok gue! jackie from thailand, ayu from indonesia, kenneth from phillipines, felicia from singapore, and me! di sini gw belom ketemu si youth mentor: kurt from phillipines!

apa yang gw lakukan sebagai mentor? well, firstly, gw bawain kuliah. semacam session gitu lah, 75 menit lamanya. ga begitu lama kan? rasanya lama banget buat gue hahaha ;p karena gw kebiasaan ngomong cepet. dan inilah secuplik tiga cuplik presentasi gue!!



tugas terakhir: bikin survey lines!

jadi waktu bener" kerasa lamaaa karena, yang gw bawain agak out of context :''') kebanyakan mentor tuh pada bawain soal konservasi coral reef, sustainable tourism, pokoknya yang cinta lingkungan tea dah. sementara gueee :'''') tapi gw senang karena ternyata antusiasme mereka ada! gw jelasin sekilassss banget tentang GNSS, USBL, SBES, MBES, dan SSS, dan mereka nangkep!

yang seru adalah ketika gw bagi 4 kelompok, dan, seperti biasa, gw suruh bikin survey lines dengan tugas tambahan: lo mau pake alat apa aja. dari 4 kelompok 2 kelompok linesnya bagus banget dan masuk akal pemakaian instrumennya!! yang satu bikin survey lines rapeeet banget karena apa alasannya? karena cuma mau pake SBES, karena murah :'') gue terharu.

selanjutnya adalah, ngementorin anak" ini bikin projek. well sebenarnya si kenneth lebih tua setaun dari gue sih dan kalo boleh jujur dia mah lebih berpengalaman :'') dia kerja di bagian mitigasi bencana storm surge di filipina, how cool! dan berhubung dia memang kerja di sana dan punya data, gw pun berpikir: kenapa projeknya ga mengenai itu aja? toh dia juga sempet nyebut di diskusi online.

dan setelah perbincangan sana sini, thanks to kurt juga, mereka ok dengan topiknya! dan atas ide gila kurt, kita bikin presentasinya model" beauty pageant gitu :''')

that is kurt on the left! followed by miss usa, miss philippines a.k.a miss yseali oceans 2016, miss colombia, the host, and again, me! ini di @america pacific place, yuhu~

so gimana rasanya lima hari bareng anak" ini dan ketemu hampir seratus kenalan baru? sweet :'')

i mean maybe this is how parenting feels like. anak" yang ribut, anak" yang bakal presentasi, anak" yang bakal dapet hadiah ke US dan dapet grant untuk projek, gw yang deg"an dan ga bisa tidur! sebisa mungkin gw kenal mereka lebih dalam dan ngasih mereka tempat masing". di kelompok gw, tentu keliatan, kalau si jackie (yang pake 'crown' di foto terakhir) dan felicia (yang rambut lurus sebahu lebih dikit) itu dominan. jackie selalu pengen terlihat dan felicia anaknya bener" singaporean lah, tertata dan hardworking. sementara kenneth itu tipikal orang pinter yang hidupnya santaii~ kayak ga punya masalah dalam hidup. dan ayu ini indonesia banget, ga terlalu terlihat, sopan, ga neko", namun mengejutkannya adalah: she was a model!

jadi yang gw lakukan adalah lebih memaksimalkan potensi mereka masing". kenneth yang pinter ngasih semua pengetahuan yang dia punya mengenai storm surge ini dan dia-harus-tampil-juga-titik! jackie yang heboh, tentuuuu akan jadi pusat perhatian dan dia yang bakal jadi bintang utama di show. felicia yang super organized bikin semua alur presentasi dan browse seeemuuuaaa bahan yang dibutuhin buat project disaster mitigation yang mereka canangkan. terakhir, ayu gw training khusus untuk bisa pede totalll ngejawab 'pertanyaan' pageant buat dia dan bahkan untungggg banget dia bawa kostum tradisional yang hiasan kepalanya bisa dipake buat jadi 'mahkota!'

and you know what, everyone was impressed!

"gila, gw ga tau kalo si ayu bisa begitu!"
"oh jadi kenneth itu orang penting!"

dsb dsb yang intinya adalah, mereka semua terlihat :'') and that is sweet.

mereka mungkin ga menang dan ga dapet hadiah ke US dll. mereka mungkin kecewa. well actually they won a bit, mereka jadi tim yang paling ethusiast, like of course! :') ya.. this might sound weird or egoistic, tapi goal pribadi gw terhadap tim ini tercapai. bahwa mereka semua kelihatan, dan mereka semua diingat. gw yakin ga akan ada dari tim gw yang terlupakan, yakin! ayu yang tadinya ga terlalu keliatan aja jadi punya fans! :'')

dan yang paling bahagia adalah, selesai mereka hormat di akhir presentasi, gw kasih mereka standing applause saking bahagianya, dan karena gw duduk depan, gw ngeliat si ayu, gw rentangkan tangan sekedar kebahagiaan, ayu ngerentangin tangannya juga dan turun buat meluk gue, yang diikutin oleh yang lain dan akhirnya kita group hug di depan panggung. too sweet!! :'')

secara pribadi, i will never forget this moment. oke, cukup banyak yang komentar bahwa mereka suka sesi gw dan ga expect sesuatu yang technical bisa jadi semenarik itu. yes, i am very honored, tapi bangganya dipuji tuh kalah sama bangganya ketika mereka komentar "grup lo keren banget!" atau "how did you do that?! you must've had LOTS of rehearsals!" dan "that was soooooooo good!"

i believe now, i am on the right track. cuma harus konsisten aja. my soul is to teach, my passion is to nurture talents. i just need, well, bigger audience :'')

ps: oh ya. di jam istirahat setengah jalan presentasi, ada anak malaysia namanya adzmin ngedatengin gw dan bilang "wah, presentasinya bagus bangettt. your group looks cool, next time i join something like this i want to be mentored by you" aaawww :'')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC