05 Juli 2016

DUC#3: Fayaul

DUC kali ini agak repost. Gw pernah semacam cerita soal ini di satu pos, tepatnya di sini, tapi udah lamaaa banget. Dan waktu itu gw pos karena lima foto ini sempet gw masukin satu lomba esai fotografi, tapi ga menang bahaha ;p

Fayaul, Kisaran Februari 2013 - Eksplorasi Nikel

Kenapa gw sempat ke Fayaul? Ngapain gw ke sana? Fayaul itu di mana sih baydewey? Well, Fayaul itu satu desa di Maluku Utara. Saat itu gw baru resign 'sementara' dari BW karena beberapa non-technical stuff, dan masa pengangguran gw dengan baik hati diisi oleh om gw dengan cara... ngajak gw ikutan eksplorasi. Walau saat itu gw ga sreg sana-sini dan personally, merasa terjepit oleh beberapa hal, ya gw ngikut juga #murah. Ya gimana kagak, lo tau kan gw paling susah nolak acara "jalan-jalan," dibayarin pulak!

Eksplorasi darat itu ternyata seru! Seru gila, dan, benar-benar padat karya. Geologist dari kantor om gw cuma 4 orang, tambah gw sebagai "Geodet" alias "Cabutan" jadi cuma 5. Tapi tenaga lokalnya bisa sampe.... 10? 15? Gw lupa. Pokoknya rame banget. Yang bikin menarik adalah, kita ga flying camp! Pertama kalinya gw ikut "jalan-jalan ke gunung" yang camp-nya tetap. Dibikinnya dari karung dan kayu hutan, jadi gw literally tidur di atas karung :D Mandi di sungai, jalan ke beberapa titik buat gali sumur sampling, melihat fakta bahwa cara Geologist ngukur itu sesimpel gw disuruh berdiri di satu tempat sebagai "ukuran pembanding" terus difoto, atau kalau sampelnya kecil difoto bareng koin atau GPS handheld. I was sooo happy entah kenapa hahaha.

Selama perjalanan, gw benar" dapat persepsi lain sih. Di media kan, gembar-gembornya selalu "kita merusak alam" atau "save the environment" and the blah and the blah. Nyatanya, kalau ga ada eksplorasi ini, masyarakat desa mungkin, mungkin ya, kehidupannya ya bakal gitu-gitu aja. Ga ada pemasukan lebih. Dan ini masih eksplorasi yang awal banget loh, eksploitasinya mungkin baru tahun depannya dan barang jadinya baru kejual mungkin lebih lama lagi. Bayangin, berapa banyak, setidaknya, kepala keluarga yang terkaryakan coba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC