13 Desember 2016

the importance of accomplishment(s) and end game(s) - part 1

azeg. cem cem judul buku aja itu judul post hahaha. sejujurnya gw masih galau mau nulis bahasa indonesia atau bahasa inggris, jadi mari kita lihat ke mana ujung dari tulisan ini.

percaya ga percaya, kisaran 3 bulan terakhir rupanya menjadi 3 bulan terpanjang dengan variabilitas emosional yang luar biasa. gw agak lupa, kayaknya sih gw ngepos ga cuma yang seru" aja, tapi juga yang sedih" atau rusuh". siklus naik-turun gw banyakkkk sekali namun asli seru banget! ...dan melelahkan, lol

kalau mau di-over-simplified, hidup gw selama 3 bulan terakhir terbagi atas:
1. ngerjain proyek (PhD)
2. bhangra dan audisi timnya
3. pantomime dan end year shownya
4. skills and IT training
5. masak dan hal" rumah tangga lainnya

awalnya semua lancar.. hingga saya jatuh sakit. dua kali.

namun saat saya sakit, kondisinya begini:
1. proyek: jelas kehilangan banyak waktu, karena kalo gw sakit biasanya ga bisa mikir
2. gw udah masuk tim bhangra, jadi ga ada yg 'ketinggalan' di sini
3. gw bolos beberapa pre-pro lantaran ga kuat ngapa"in, tapi kondisinya gw udah tau gw mesti ngapain aja dan udah hafal lirik dan koreo
4. gw cuma bolos satu training, dan gapapa krn alasannya sakit
5. kamar sedikit rusuh, tapi masih bisa ditiduri. masakan diganti roti dan sup yang tinggal dimasukin microwave.

dari kelima hal di atas, jelas yang progressnya paling rendah adalah nomor satu dan yang terutama: proyek gue! supervisor gw sendiri sampe nyariin karena pengen liat progres #mohonmaaf tapi gw jelasin kalo saat" terakhir gw ga ada kabar itu gw lagi sakit. dan otak gw ga jalan kalo lagi sakit.

kembali ke kantor, gw bingung mesti apa. kenapa? karena target yang gw taro selalu ga realistis dan ga pernah tercapai dengan baik, lol. dan permasalahan sebenarnya datang di luar kendali gw: data dan software. banyak sekali yang mesti gw pelajari lalu gw bingung lagi menentukan prioritas hahaha. jadilah, sejujurnya, akhir" ini gw jadi malas mengerjakan proyek. bahkan malas ngampus kalo ga ada training/latihan panto/seminar/janji apa pun yang melibatkan orang lain karena gw sadar.... ujung"nya bakal mentok jugak :'')

sementara untuk nomor 2 hingga 5, semua ada accomplishment point-nya. bahkan nomor 3 udah end game. show nights beres, selesai lah saya dari panto. makin bingung lah saya, si nomor 1 dan terpenting itu mesti diapain hahaha.

nah terus, hari ini nih, dari pagi sampe sore, gw training matlab. advanced matlab #asigg awalnya boring banget karena trainernya agak geje dan setengah jam pertama gw udah ngerti semua, jadi main game di hp #kebiasaanburuk hahaha. terus masuk ke latihan"nya, ternyata menarik! akhirnya gw mengerti fungsi dari function (ahem, fungsi dr function, naon dah gabs) dan symbolic dan beberapa hal keren lainnya yang sangat jarang gw gunakan. matlab ini powerful sekali yaa!

lalu gw berhasil menyelesaikan semua exercise dan scriptnya jalan semua di kisaran 16:00, sementara jadwal trainingnya sebenarnya hingga 17:00! jadilah gw punya waktu utk nulis" geje hahaha.

dan rasanya indah sekali loh. kayak felt accomplished. feelingnya beda dari ngeberesin training linux dan latex yang keduanya bener" baru gw sentuh. well, skill linux gw kan masih abal abal, dan makenya juga setengah setengah, beda lah sama matlab yang udah gw sentuh sejak tingkat dua #sotoy ...dan berhasil menyelesaikan sesuatu yang pernah tidak gw pahami dan sekarang jadi paham itu........ feel of accomplishment-nya ga bisa bohong! #cry

dan berkat hal tersebut, gw jadi smangat lagi ngerjain proyek, dimulai dengan, lagi", literature review, lol. mesti dilanjutkan dengan lagi" nyari data dan bikin list yang bisa gw diskusikan akhir minggu ini. jadi, one accomplishment itu bisa berefek pada "kepengen punya accomplishment lagi setelah yang itu!"

selanjutnya saya kan bicara soal end game.. tunggu tulisan selanjutnya, mwahahaha ;p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC