05 Januari 2017

bahagia

ciee judulnya ciee haha ;p

gw habis ngobrol sama salah satu teman dekat gw dan keluar lah kata" itu: "bahagia yah, hidup orang?" wkwk.

bahagia. nah lhoo, gimana deskripsiinnya hayoo.

sempat gw bahas sedikit sebenarnya ketika lagi ngomongin generasi tua (flower bloomer? gw lupa istilahnya) dan Gen-Y alias kita" jaman sekarang. kalkulasinya mudah. bahagia adalah ekspektasi dikurangi realita. what could be more simple?

dan itu kenyataan kok. biasanya manusia dengan ekspektasi rendah cenderung lebih mudah bahagia dibanding yang ekspektasinya aneh". dalam segala hal. kalau kata pebisnis sih, low risk low return. dan kenyataannya tidak sedikit yang bahagia dengan gaya hidup seperti itu.

sementara, hmmm. kebanyakan Gen-Y, lewat berbagai film/novel/ceramah/etc. inspiratif you name it, manusia" yang berani bertaruh dengan high risk high return ini makin banyak. hasilnya? well, survival of the fittest. karena sesuatu yang high return itu memang ujung"nya ga banyak di dunia.

teringat obrolan dengan kawan lain, jauh sebelum hari ini. menurutnya, kita ga boleh membiasakan diri untuk menurunkan ekspektasi, karena lama kelamaan kita akan terbiasa dengan kemudahan untuk puas. ekspektasi itu, taro lah setinggi-tingginya. biar kalau jatuh, at least mendarat dari dan ke tempat tertinggi yang kita bisa.

ok i'll quit ranting in a moment. gampangnya, buat kamu kamu yang sekarang sedang mencari bahagia tapi ga bahagia bahagia juga, coba, ukur investasi dan return yang kamu inginkan dari investasi tersebut. masuk akal kah? masih dalam jangka waktu terbaik kah? kalau memang ga masuk akal (katakan: gue sampai kapan pun ga akan masuk harvard), tinggal. it's not worth your time and commitment.

kalau masih di ambang batas toleransi (katakan: gue pengen punya body semlohay kayak beyonce), kalkulasikan. oh, jangan salah. hal itu sangat mungkin terjadi. sekarang pertanyaannya, ada waktunya? worth it spend waktu untuk punya body kayak beyonce? terus kalo punya body kayak beyonce, langkah selanjutnya apa? tetiba bikin visual album cetar membahana cem lemonade gitu? emang ada yang mau nonton/denger? kalau bisa dicapai tapi ga masuk akal dan kira" ga worth it juga, tinggal.

kalau kita terus"an ngejar sesuatu yang ga worth it, kapan mau bahagia. masak gw mesti punya body kayak beyonce dulu baru bisa bahagia, nggak kan? jadi, apa pun yang kamu pikir membuat kamu ga bahagia, coba deh analisis. apakah ekspektasi kamu berlebih? apakah in reality kamu punya waktu untuk mencapai ekspektasi itu? sesiap apa kamu gontok"an untuk sesuatu yang high risk high income?

jadi, intinya. bahagia itu ga ke mana". tapi butuh usaha. dan waktu. dan doa. waktu kita sama loh, seorang 24 jam/hari. jadi yang kamu liat bahagia itu yang mungkin selisih antara ekspektasi dan realitanya lebih rendah dari kamu. kalau dia kurang tidur, artinya dia bahagia dengan high risk high income lifestyle-nya. kalau boboknya cukup, artinya dia main di area low risk low income. udah. gitu aja kak. cup cup mwach.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC